Wednesday, August 29, 2012

CARA MEMILIH BOTOL SUSU BAYI

Dalam memilih botol susu bayi,anda tentunya harus ekstra hati-hati.Merk terkenal bukan menjadi jaminan.Lebih baik anda pastikan kandungan yang ada dalam botol susu tersebut benar-benar aman untuk bayi anda.
Pilihlah botol susu yang sesuai dengan usia bayi anda.Anda juga perlu memperhatikan ujung botol bayi dan pastikan pas dengan ukuran mulut bayi.Botol susu plastik memerlukan perawatan untuk menjaga kebersihan nya.
Jika anda menggunakan botol susu plastik untuk bayi,anda tentunya harus benar-benar memperhatikan kebersihannya.Anda bisa menseterilkan botol susu dengan menggunakan alat steril khusus yang ada di pasaran atau bisa juga dengan merebusnya dengan air panas.
Saat memilih botol susu,pastikan produk tersebut tidak mengandung bahan kimia berbahaya.Anda bisa memilih botol susu yang terdapat tulisan''Recycle'' yang berarti bisa digunakan kembali.Atau pilihlah produk dengan tanda ''Food Grade''.
Pada botol biasanya terdapat beberapa kode.Perlu anda ketahui,kode-kode tersebut merupakan informasi tentang jenis plastik botol tersebut.Berikut ini beberapa kode yang biasanya ada pada botol yang perlu anda ketahui.
  • PP Atau polypropylene adalah bahan yang paling aman digunakan seperti untuk botol susu bayi atau tempat makanan.
  • LDPE atau Low Denisty polyethylene adalah bahan yang dapat di daur ulang .Bahan ini cocok untuk tempat makanan.
  • PET atau Polyethylene Terephthalate adalah bahan yang biasanya dipakai untuk kemasan air mineral dan hanya untuk sekali pakai.Tidak untuk digunakan dengan air panas atau hangat.
  • HDPE atau High Denisty Polyethylene adalah bahan yang di rekomendasikan hanya untuk sekali pakai saja.Bahan jenis ini biasanya digunakan untuk botol susu yang berwarna putih susu.
  • PVC atau Polyvinyl Chloride adalah bahan plastik yang berbahaya untuk ginjal dan hati.Bahan jenis ini sulit di daur ulang.
  • PS atau Polystyrene adalah bahan yang bisa digunakan untuk tempat minuman sekali pakai atau tempat makan dari 'styrofoam'.Bahan jenis styrene berbahaya untuk otak dan sistem syaraf.Bahkan beberapa negara sudah melarang pemakaian bahan ini.
  • Other.Jika anda menemukan produk dengan simbol yang bertuliskan kata ''Other'' artinya adalah produk tersebut menggunakan salah satu bahan plastik yang berasal dari polycarbonate,polylactic Acid,acrylonitrile butadiene styreneacrylic,Nylon atau fiberglass.Anda disarankan untuk menghindari produk yang bertuliskan polycarbonate karena mengandung bishpenol-A(BPA) yang bisa berbahaya bagi perkembangan anak,sistem reproduksi,syaraf,daya tahan tubuh dan bisa menyebabkan kenker.
Pastikan anda memilih botol susu bayi yang benar untuk bayi anda.Selamat memilih...................................................................................................;

No comments:

Post a Comment