Thursday, September 13, 2012

Makanan pendamping pertama bagi Bayi Anda



ASI Merupakan makanan bayi utama dan pertama bagi bayi Anda.Kandungan yang kaya akan berbagai macam kebutuhan yang di perlukan oleh bayi,semuanya ada dalam ASI.Pemberian ASI ekslusive yang baik bagi bayi adalah sampai usia mencapai 6 bulan.Itu artinya bayi tidak memerlukan makanan yang lain sampai usianya mencapai 6 bulan.

Akan tetapi,ada sebagian ibu yang tidak bisa memenuhi pemberian ASI nya sampai usia anak  6 bulan.Dikarenakan berbagai faktor yang mempengaruhi diantara nya :
  • Kurang baik nya produk ASI yang di hasilkan secara kualitas ataupun kwantitas (ASI yang sedikit)
  • Ibu yang sibuk bekerja menjadikan para Ibu memilih alternatif pemberian susu formula bagi Bayi nya
Mengenai hal itu,para ibu memilih cara lain untuk memberikan makanan pendamping bagi Bayi mereka.Namun hal ini juga tergantung pada kondisi bayi,sudah siap atau belum,untuk di beri makanan pendamping di bawah usia 6 bulan.

Berikut makanan pendamping bagi Bayi selain ASI pada usia 4-6 bulan :

  • Bubur tepung beras yang di masak dengan menggunakan air kaldu yang terbuat dari rebusan daging atau sayur sayuran
  • Sayur sayuran yang dan kacang kacangan seperti ; kacang hijau,kacang merah,kacang polong,kacang kedelai,wortel.brokoli,tomat,labu kuning,paprika dan lain sebagainya,yang di rebus kemudian di haluskan,tambah kan sedikit air panas/air rebusan supaya lebih halus tekstur nya
  • Pilihlah daging yang tidak mengandung lemak rebus,kemudian haluskan
  • Macam macam ikan seperti ikan salmon,kakap dll
  • Buah buahan yang di haluskan contoh nya seperti : pisang,pepaya,alpukat.apel.Atau bisa juga buah buahan nya di ambil sari serat nya saja seperti di bikin Juice/jus dengan di rebus/steam dengan alat steam khusus kemudian ambil air nya.

*Penting>Hindari pemberian rasa seperti gula,garam atau bumbu penyedap masakan untuk bayi di bawah usia satu tahun.Sebaik nya gunakan rasa alami yang terdapat pada bahan makanan ( tidak menambahkan rasa).

2 comments:

  1. nice posting tentang makanan pendamping makanan bayi 6 bulan...untuk referensi kunjungi juga http://semua-ada-lho.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama...mudah"an bermanfaat
      nanti sy mampir deh ke blog'y

      terimakasih atas kunjungan'y

      Delete